Home » Blog » Bagaimana mendapatkan pekerjaan bagus (Bagian 1)

“Hanya masalah angka,” kata mereka. Begitu banyak lamaran untuk setiap pekerjaan yang bagus. Kamu hanya perlu mengirimkan sebanyak mungkin surat lamaran, ke ratusan lowongan kalau perlu. Semakin banyak kamu melamar, semakin banyak pula kesempatan kamu diterima kerja. Gampang kan? Cuma masalah angka saja kok.

Salah! Melamar pekerjaan bukan hanya sekedar masalah angka, melainkan sebuah uji coba sepintar apa kamu dalam mengamati sebuah kesempatan dan mempersiapkan segala sesuatunya secara matang sampai kamu mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Mari kita mulai dengan CV (Curriculum Vitae) atau yang sering disebut juga Resumé. Kamu butuh CV yang mengagumkan, betul?

Salah lagi!

Asal kamu tahu, kamu membutuhkan CV yang berbeda untuk setiap pekerjaan yang berbeda pula. Pengamatanmu terhadap suatu pekerjaan tertentu harus kamu jadikan tolak ukur akan apa yang mereka inginkan darimu. Artinya kamu harus menunjukkan kepada mereka bahwa kamulah orang yang tepat dan yang mereka cari. Jangan pernah berdusta, merubah fakta, tetapi pilihlah secara hati-hati tiap fakta yang ingin kamu tonjolkan di dalam CV-mu.  Memang mempunyai format standar CV itu bagus, tapi tiap CV harus disesuaikan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Lagian, banyak sekali sampel CV di internet yang bisa kamu jadikan contoh, tapi jangan cantumkan kata-kata “CV” atau “Resumé” sebagai judul, cukup tulis nama lengkap kamu di atasnya.

Aturan pertama dalam menulis CV (kecuali kamu melamar untuk pekerjaan akademis) yaitu “buatlah sesingkat mungkin”. Dua halaman paling banyak dan satu halaman kalau kamu melamar untuk pekerjaan tingkat pemula. Pastikan data pribadi kamu mudah untuk ditemukan dan pastikan juga kamu mencantumkan alamat, nomor telpon atau email yang terbaru sehingga mudah untuk dihubungi. Usahakan untuk menunjukkan unsur “pencapaian prestasi” pada pengalaman kerjamu sebelumnya karena mereka menginginkan kandidat yang mempunyai prestasi tertentu di masa lampau dengan harapan kandidat tersebut dapat melakukan hal yang sama lagi di perusahaan mereka.

Dan satu hal lagi, lampirkanlah foto atau ijazah hanya jika mereka dengan jelas memintanya sebagai salah satu syarat penerimaan kerja.

Lalu seperti biasanya, kamu juga akan menyertakan surat lamaran sebagai tambahan CV itu sendiri.  Terkadang ada perusahaan yang minta surat lamaran dengan tulisan tangan. Secara pribadi, saya menyarankan untuk menghindari lowongan pekerjaan semacam ini karena biasanya mereka akan menggunakan tulisan tanganmu untuk menilai kepribadianmu. Saya tidak akan mau kerja untuk perusahaan seperti ini.

Surat lamaran yang kamu buat juga harus singkat dan tidak mengulang informasi yang sudah kamu tulis di CV. Namun, surat lamaranmu tetap harus menjadi suatu alat untuk menarik perhatian mereka. Berikanlah satu kalimat yang membuat mereka ingin bertemu denganmu!

Masih ada tiga hal penting lainnya.

Pertama, pekerjaan yang bagus biasanya tidak pernah diiklankan. Untuk mendapatkan pekerjaan seperti ini, kamu harus mengamati perusahaan di mana kamu akan melamar, menganalisa apa yang mereka butuhkan, mengetahui siapa yang membutuhkan jasa atau tenagamu, dan hubungilah mereka secara langsung.

Kedua, semua yang kamu tulis di CV harus sempurna, tidak ada kesalahan. Kamu dapat melakukannya dengan baik dalam bahasamu sendiri, tapi hanya ada segelintir orang yang mampu melakukannya dengan sempurna dalam bahasa asing meskipun mereka sudah mempelajari dan menggunakan bahasa tersebut selama bertahun-tahun. Kesalahan sedikitpun dalam ejaan, struktur dan penggunaan bahasa, dan tingkat keformalan bahasa cukup bisa menunjukkan kepada perusahaan bahwa kamu sudah membuat kesalahan. Mungkin kamu akan mendapat toleransi dari mereka, toh mungkin juga mereka tidak begitu menyadarinya. Tapi, hal-hal seperti ini bisa menjadi bahan pertimbangan mereka untuk menerimamu sebagai pegawai atau tidak.

Dan yang terakhir, sejauh ini kebanyakan perusahaan multi-nasional merekrut pegawai dengan kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Jadi, kalau kamu mencoba untuk melamar pekerjaan di salah satu perusahaan semacam ini, pastikan bahwa bahasa Inggris kamu sempurna.

Jika kamu tinggal di Jakarta, tim kami di AIM akan dengan senang hati membantumu!

You must be logged in to post a comment.

Klien Kami