Home » Blog » Bagaimana mendapatkan pekerjaan bagus (Bagian 2)

Akhirnya sejauh ini semuanya berjalan lancar. Kamu sudah mempelajari lowongan yang ada dengan baik, membuat CV/resumé dan surat lamaran yang sempurna. Sekarang, mereka ingin mewawancaraimu! Lalu bagaimana? Silahkan baca…
Wawancara merupakan sebuah peluang buat kamu untuk melakukan dua hal yang sama pentingnya. Pertama dan yang paling penting sekali, ini merupakan sebuah kesempatan yang baik untuk memperkuat ketertarikan mereka terhadap kamu sehingga mereka akhirnya sangat ingin mempekerjakanmu. Tapi di lain pihak, ini juga merupakan peluang untuk kamu memberikan penilaianmu sendiri terhadap mereka dan apakah kamu benar-benar menginginkan pekerjaan ini. Perlu diingat bahwa pekerjaan tersebut mungkin bukan pekerjaan yang selama ini kamu cari. Kalau kamu lagi nganggur dan ingin sekali bekerja, memang terasa akan sangat sulit untuk menolak kesempatan ini, tapi paling tidak kamu harus mencobanya. Memutuskan untuk menerima pekerjaan yang tidak benar-benar kamu inginkan pada akhirnya hanya akan menyebabkan sebuah kegagalan dan kamu akan menyadari bahwa kamu sudah membuang waktumu sia-sia dan bingung harus mencantumkan apa di CV nanti.
Wawancara kerja merupakan proses penjualan dua arah. Kamu ingin menawarkan dirimu sendiri, begitu juga dengan perusahaan yang kamu lamar. Ingatlah hal ini baik-baik pada saat kamu mempersiapkan dirimu untuk menghadapi wawancara.

Persiapan terpenting dalam menghadapi wawancara kerja adalah pengamatan ulang terhadap perusahaan dan lowongan kerja yang ada, dan juga penilaian yang sangat hati-hati terhadap kelebihan dan kekurangan yang ada pada dirimu. Tapi, kamu juga harus realistis karena ada beberapa aspek yang belum jelas mengenai pekerjaan yang kamu lamar sebelum kamu datang untuk wawancara, sehingga pada tahap ini kamu belum bisa memberikan penilaian yang benar-benar lengkap.
Perlu diketahui bahwa kelebihan dan kekurangan yang kamu punya merupakan hal yang sangat penting. Ada dua alasan dalam hal ini. Pertama, kamu pasti ingin menunjukkan semua kelebihanmu pada saat wawancara berlangsung, apalagi kalau kamu sudah memikirkan tentang hal tersebut sebelumnya. Tapi, kekuranganmu juga sama pentingnya. Kamu menunjukkan kekuranganmu untuk melihat apakah kamu benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut. Kalau kamu merasa bahwa bahwa pekerjaan yang kamu lamar ternyata lebih banyak mengarah pada kekurangan kamu, mungkin kamu tidak akan menyukai pekerjaan tersebut dan tidak akan bisa melakukannya dengan baik.

Pada saat wawancara, biasanya kamu tidak akan ditanyai secara langsung mengenai kelebihan-kelebihanmu. Lagipula, mereka sudah bisa baca dari CV-mu. Justru mungkin mereka akan bertanya mengenai kekuranganmu. Jika hal ini terjadi, maka penting bagimu untuk menjawab pertanyaan mereka dengan jujur dan lugas tanpa harus menghilangkan peluangmu untuk diterima kerja.

Lalu bagaimana mungkin menggabungkan kedua hal yang berbeda ini? Hati-hati dalam memilih kekuranganmu! Jangan terlalu berpandangan negatif terhadap dirimu sendiri. Misalnya, jika kamu belum mempunyai pengalaman kerja yang mereka inginkan, kamu bisa mengatakan:
“Pekerjaan ini akan menjadi langkah awal bagi saya, langkah awal yang saya inginkan dan siap lakukan, meskipun saya belum berpengalaman dalam melakukan pekerjaan ini.”

Coba kamu perhatikan kata “belum” di atas.
Dengan kejujuran dan kepercayaan diri yang kamu miliki maka kamu merubah kekuranganmu (bahwa kamu tidak berpengalaman dalam pekerjaan tersebut) menjadi sebuah kelebihan (ambisi, kepercayaan diri, dan potensi pengembangan diri).
Sayang sekali, setiap wawancara berbeda satu sama lain dan tips dalam artikel semacam ini tidak terbatas jangkauannya. Tapi saya mau menambahkan satu hal lagi. Kadang, kamu harus menghadapi wawancara menggunakan bahasa Inggris dan waspadalah terhadap berbagai macam kendala yang menghalangimu.
Bahasa itu rumit, dan hanya ada segelintir orang yang bisa diwawancarai menggunakan bahasa Inggris tanpa membuat kesalahan. Penggunaaan kata-kata yang salah, struktur bahasa yang salah, kesalahpahaman budaya dan masih banyak lagi kesalahan lain yang mungkin timbul untuk pelamar yang kurang mewaspadai hal-hal tersebut. Jadi, kamu harus sering berlatih dengan seorang penutur asli bahasa Inggris sebelum kamu menghadapi wawancara yang sesungguhnya. Semakin penting pekerjaan tersebut untukmu, semakin penting pula kamu berlatih wawancara menggunakan bahasa Inggris.
Jika kamu tinggal di Jakarta, guru-guru profesional AIM siap membantumu dengan persiapan wawancara kerja kamu. Hubungi AIM – kami tidak bisa menjamin kesuksesanmu, pada akhirnya memang tergantung pada dirimu sendiri. Tapi paling tidak kami bisa membuatmu lebih luwes dalam menghadapi tantangan kerja saat ini.

1 Comments Already

Insan says

belongings within my house nehvlteeress might virtually pay a much less messy way of life if it ended up anything at all like sporting minimal jogging sneakers. From your aspect these form of rather neutral running shoes seem deceptively trim along with glossy, nonetheless they give almost everything your toes need to have to own with no extra cushioning. The look permits you to harness your typical electricity and versatility although doing work. Your Adidas Adipure is constucted from stretches textile merge having a ft . and helps make utilization of tooled midsole-outsole advancement. These capabilities be certain you could don the actual boot right after a lengthy haul which they provide you with a appropriate feeling. The very best factor about minimum operating footwear is not that this looks like I am with out shoes nehvlteeress the defense your sneaker gives. I love the impression nonetheless are grateful for the tough anatomically spherical outsole that will lets me personally cruise all around pavement, course, rubble and more. I would not should do that with barefeet, but it is effortless during these training sneakers or boots. In addition they supply extra traction for almost any ground issue. They furnish me any added increase to go to farther at the same time as boost my very own functioning durations. I’ve located why these sneakers are perfect for ft in almost any situation. They might be light on painful ft and that i can wear them to get a whole day time with out distress. They support virtually any ft no matter whether or not one generally calls for specific sneakers or boots or or else not since they match to have the ability to also as imitate the actual wearer’s ft .. We physical exercise as soon as or two times each week and they are generally resilient sufficient to always result in the make your way with me at night. Whether Arranging for any stroll or maybe practising for a fresh gathering, I normally set on my dependable Adidas Adipure shoes or boots. They could be nominal athletic footwear however they give a biggest amount of electricity and luxurious. Piste jogging is currently ever more common as well as newcomers will discover it much more thrilling alongside with beneficial in comparison to typical street working. Path working supply you with powerful cardiovascular training that a lot of highway running can not. The actual inclining along with descending skilled with path jogging provides interval along with energy education which may edge body in need of unwanted fat decline and likewise muscle mass tissue tightening.

November 20, 2014 | 12:26 pm | Reply

Post Comment

Klien Kami